Saturday, January 21, 2012

 Di dalam kitab manahijul imdad dan di dalam kitab irsyadul ibad halaman 66,di ceritakan oleh abu naim,dari yahya al jamani,
kata abu naim,seawktu aku berada di majlisnya supyan saori bin uyainah,ketika jam’ah berkumpul kurang lebih dari 1000 orang,ketika mau bubar dari majlis tersebut ada seorang ulama muda yang meriwayatkan tentang kehebatan dan ke dahsyatan do’a muhamad bin humer,,
ulama tersebut berkata,wahai para jama’ah,coba dengarkanlah,aku akan menceritakan suatu kisah,setelah para jama’ah siap untuk mendengarkan,
lalu ulama muda tersebut berkata,aku punya teman,namanya muamad bin humer,beliau adalah orang yang sangat arif,ketika siang beliau suka berpuasa sunat,dan ketika malam beliau suka beribadah/tahajud, 
di suatu hari muhamad bin humer sedang dalam perjalanan,tiba2 ada ular yang me manggil2 namanya,kata ular,WAHAI MUHAMAD BIN HUMER,TOLONGLAH AKU,DAN SEMOGA ALLOH swt memberi pahala kepadamu,lalu muhamad bin humer bertanya,apa yang harus aku tolong??.lalu ular menjawab,TOLONG SELAMATKANLAH AKU DARI MUSUHKU,KARNA AKU SEDANG DI KEJAR2 OLEH MUSUH YANG MAU MEMBUNUHKU,AKU INGIN BERSEMBUNYI,lalu muhamad bin humer bertanya  pada ular,kamu dari golongan umat siapa????,sang ular menjawab,aku masih dari golongan umat nabi muhamad saw,muhamad bin humer berkata,kalau begitu baiklah,aku akan menolongmu,bersembunyilah di dalam sorban ku,lalu sang ular berkata,,aku tidak mau bersembunyi di balik sorbanmu,karna musuhku masih bisa melihatku,lalu muhamad bin humer berkata,kalau tidak mau di dalam sorban ku,bersembunyilah di balik bajuku,lalu sang ular berkata,di dalam bajumu juga aku tidak mau,karna musuhku masih bisa melihatku,lalu muhamad bin humer berkata lagi,kalau di dalam bajuku tidak mau,lalu kamu harus aku sembunyikan dimana??,sang ular menjawab,aku mau bersembunyi di dalam perutmu,lalu muhamad bin humer berkata,aku tidak mau menyembunyikanmu di dalam perutku,karna aku takut di bunuh olehmu,maka sang ular menjawab,demi alloh,aku tidak akan membunuhmu,saksinya arwah para nabi,dan semua  para malaikat,dan para malaikat yang memikul arasy,dan saksinya semua mahluk yang ada di langit,setelah mendengar sumpah itu,ahirnya muhamad bin humer percaya,lalu muhamad bin humer berkata pada ular,kalau begitu baiklah,aku bersedia,dan silahkan masuklah ke dalam mulutku,setelah muhamad bin humer membuka mulutnya,lalu sang ular masuk ke dalam mulut muhamad bin humer,lalu diam di dalam perut muhamad bin humer,
tak lama kemudian,ada seorang  lelaki datang menghampiri muhamad bin humer,dengan membawa pedang somsom,[MENURUT RIWAYAT PEDANG SOMSOM ITU LEBARNYA KURANG LEBIH  SEKITAR 140 CM,DAN PANJANGNYA KURANG LEBIH SEKITAR 3 METER],lalu lelaki itu bertanya pada muhamad bin humer,wahai muhamad bin humer,apakah anda melihat musuhku,???, muhamad bin humer  balik bertanya,siapakah musuhmu itu???, lelaki itu menjawab,musuhku adalah se ekor ular,lalu muhamad bin humer membaca kalimat ini,ALLOHUMA,LA,WASTAGFARTU ROBI MIN QAOLI LA, sebanyak 100kali,[artinya,YA ALLOH,TIDAK,dan semoga alloh swt mengampuni aku dari UCAPANKU TIDAK,]…
selanjutnya muhamad bin humer melanjutkan perjalanannya,tiba2 kepala  ular tersebut nongol keluar dari mulut muhamad bin humer sambil bertanya,wahai muhamad bin humer,apakah musuhku sudah lewat,dan apakah musuhku melihatku???,, muhamad bin humer menjawab,musuhmu sudah lewat,dan dia tidak melihatmu sedikitpun,maka keluarlah kamu dari perutku,skarang kamu sudah aman,tapi sang ular malah berkata seperti ini,wahai muhamad bin humer,sekarang pilihlah olehmu antara 2 pilihan,pertama apakah lambung kamu dan usus kamu saya makan sampe hancur,kedua atau mending hati kamu sayang bolongi,dan aku baru mau keluar setelah kamu tidak bernyawa???,,, muhamad bin humer sangat kaget,lalu berkata,subhanaloh……..di kemana kan sumpah dan janjimu padaku yang baru saja kau ucapkan,apakah kamu sudah lupa??,dan sang ular malah berkata seperti ini,wahai muhamad bin humer,apakah kamu juga sudah lupa terhadap musuhmu,dimana musuhmu yang telah menyebabkan di turunkan nya nabi adam dari sorga,itu mula2nya di sebabkan oleh ular,karna waktu itu iblis ingin menggoda nabi adam dari sorga,tapi tidak ada jalan untuk masuk ke sorga,karna di jaga ketat oleh para malaikat,ahirnya iblis itu masuk ke dalam mulut ular,dan bersembunyi di dalam mulut ular,lalu ular itu berjalan menuju sorga,dan iblis itu keluar dari mulut ular di halaman sorga,dan selanjutnya iblis itu menggoda nabi adam,hingga nabi adam di turunkan dari sorga,dan sejak itulah ular di kutuk,karna telah membantu kegiatan iblis,dan sejak itu pula ular menjadi musuh kebuyutan ketuturunan nya nabi adam,apakah kamu lupa akan hal itu????.... muhamad bin humer  hanya diam tidak menjawab karena bingung,lalu sang ular berkata lagi,wahai muhamad bin humer,makanya jika kamu ingin berbuat kebaikan harus pada tempatnya,dan jika mau menolong harus terhadap sesuatu yang hak di tolong oleh kamu,sebenarnya kamu tidak ada hak untuk menolong aku,karna aku adalah musuh kebuyutanmu,MAKA TIDAK BOLEH TIDAK,KAMU HARUS tetap DI BUNUH olehku……
muhamad bin humer merasa bingung,tidak tau apa yang harus di lakukan,lalu muhamad bin humer berkata,jika kamu tetap mau membunuhku,tidak apa2,tapi tolong berilah waktu sampe aku berada di bawah gunung yang ada di depanku,karna sebelum mati aku mau bertobat dulu,,,ahirnya sang ular memberi kesempatan pada muhamad bin humer,,,,
setelah muhamad bin humer berada di bawah gunung,lalu muhamad bin humer mengambil air wudhu,selanjutnya melaksanakan solat 2  rakaat,setelah selesai solat,muhamad bin humer menatap lagi,di sertai hati yang sedih,dan berlinang air mata,lalu muhamad bin humer mengangkat kedua telapak tangan,kemudian membaca do’a ini=YA LATIFU YA LATIFU,ULTUF BI BILUTFIKAL KHOFI,YA LATIFU BILQUDROTIL LATIS TAWAITA BIHA ‘ALAL ‘ ARSYI FALAM YA’RIFUL ‘ARSYU AENA MUSTAQORUKA MINHU,ILA KAFFAETANI HADIHIL HAYAT……………..
setelah muhamad bin humer selesai berdo’a,tiba2 ada seorang lelaki tampan datang menghampiri muhamad bin humer,dan aroma lelaki itu sangat wangi,dan berpakaian bersih,lalu lelaki itu mengucapakn ASALAMU ALAIKUM kepada muhamad bin humer, muhamad bin humer menjawab,wa alaika salam ya akhi,,,selanjutnya lelaki itu bertanya pada muhamad bin humer,ada apa saudaraku,apa yang terjadi,aku melihat wajahmu yang sangat pucat,sepertinya anda sedang dalam masalah,katakanlah???... muhamad bin humer menjawab,iya,,memang betul,saya sedang dalam masalah,karna saya sedang punya musuh,dan musuh itu dholim terhadapku,lalu lelaki itu bertanya lagi,,dimanakah musuhmu???..
muhamad bin humer menjawab,musuhku berada di dalam perutku,,,,dan lelaki itu berkata lagi,coba bukalah mulutmu,setelah muhamad bin humer membuka mulutnya,lalu lelaki itu memasukan selembar daun kecil mirip daun zaitun ke dalam mulutnya muhamad bin humer,setelah daun itu di telan oleh muhamad bin humer,tak lama kemudian di dalam perut muhamad bin humer ada yang meng gerinjal2,tiba2 perut muhamad bin humer terasa mulas,lalu muhamad bin humer buang berak,ternyata kotorannya muhamad bin humer itu adalah tubuh ular yang telah patah2 dan hancur…
ahirnya muhamad bin humer  selamat dari ancaman musuhnya itu,yaitu se ekor ular…………
lalu muhamad bin humer bertanya kepada lelaki itu,siapakah engkau?????...lelaki itu menjawab,aku  adalah seorang malaikat yang di utus oleh alloh swt untuk menolong kamu,,tiba2 muhamad bin humer tertawa,merasa sangat bahagia,karena alloh swt telah menyelamatkan dirinya dari maut,,,,,,,,
lalu malaikat itu berkata lagi,wahai muhamad bin humer,ketahuilah,sebenarnya kami tau dan menyaksikanmu semenjak kamu mengucapkan kalimat =ALLOHUMA,LA,WASTAGFARTU ROBI min QAOLI LA=,ketika kamu hampir du bunuh oleh oleh ular,dan sewaktu kamu  berdo’a dengan do’a yang tadi,maka semua malaikat yang berada di langit  7 lapis berguncang,dan menghadapap kepada alloh swt, untuk memohon pertolongan buat dirimu,maka alloh swt berkata kapeda kami semua,kata alloh swt,wahai para malaikat,demi ke agungan dan ke muliaanku,dan demi kemenanganku,aku tau,dan aku melihat semua perbuatan sang ular terhadap hambaku,,,,,
lalu alloh swt memanggil aku dan menyebut namaku malaikat ma’ruf,saat itu aku sedang berada di langit ke 4,lalu aku dengan segera datang menghadap kepada alloh swt,lalu alloh swt memerintahkan kepadaku  dan berkata kepadaku,,WAHAI MA’RUF,AMBILAH DAUN YANG ADA DI SORGA,DAN SECEPATNYA BERIKAN KEPADA HAMBAKU YNG BERNAMA MUHAMAD BIN HUMER,,Lalu aku berangkat ke sorga untuk memetik daun berwarna hijau yang berada di sorga,yang tadi aku berikan kepadamu…..WAHAI MUHAMAD BIN HUMER,NAMAKU ADALAH MALAIKAT MA’RUF,TEMPATKU DI LANGIT KE 4,SEBABNYA AKU DI BERI NAMA MA’RUF,KARENA AKU DI CIPTAKAN DAN DAN DI TUGASKAN OLEH ALLOH SWT UNTUK MENJAGA DAN MELINDUNGI ORANG2 YANG BERBUAT MA’RUF/BERAMAL SHALIH YANG SUKA MELAKUKAN KEBAIKAN……..

                                      TAMAT………..WALOHU A’LAM


                                                                       <<kembali



No comments:

Post a Comment